Senin, 14 September 2009

Tentang Kubah Masjid

Mengenal Sejarah Kubah

Seperti halnya menara dan mihrab, secara historis kubah belum dikenal pada masa Rasulullah SAW. Arsitektur terkemuka, Prof K Cresswell dalam Early Muslim Architecture menyatakan bahwa pada desain awal masjid Madinah sama sekali belum mengenal kubah. Dalam rekonstruksi arsitekturnya, Cresswell menunjukkan betapa sederhananya masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW.

Arsitektur awal masjid Rasul berbentuk segi empat dengan dinding sebagai pembatas sekelilingnya. Di sepanjang bagian dalam dinding tersebut dibuat semacam serambi yang langsung berhubungan dengan lapangan terbuka yang berada di tengahnya. Seiring berkembangnya teknologi arsitektur, maka kubah pun muncul sebagai penutup bangunan masjid.

Kubah memang bukan berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Itu karena memang ajaran Islam tidak membawa secara langsung tradisi budaya fisik atau Islam tidak mengajarkan secara konkrit tata bentuk arsitektur. Islam memberi kesempatan kepada umatnya untuk menentukan pilihan-pilihan fisiknya pada akal-budi.
Hampir semua kebudayaan mengenal dan memiliki kubah. Dari masa ke masa bentuk kubah selalu berubah-ubah. Konon, peradaban pertama yang mengenal dan menggunakan kubah adalah bangsa Mesopotamia sejak 6000 tahun yang lalu. Pada abad ke-14 SM, di Mycenaean Greeks sudah ditemukan bangunan makam berbentuk kubah (tholos tombs).

Namun, ada pula yang menyatakan bahwa kubah mulai muncul pada masa Imperium Romawi, sekitar tahun 100 M. Salah satu buktinya adalah bangunan pantheon (kuil) di kota Roma yang dibangun Raja Hadria pada 118 M - 128 M. Penggunaan kubah tercatat mulai berkembang pesat di periode awal masa Kristen.

Struktur dan bentang kubah pada waktu itu tak terlalu besar, seperti terdapat pada bangunan Santa Costanza di Roma. Pada era kekuasaan Bizantium, Kaisar Justinian juga telah membangun kubah kuno yang megah. Pada tahun 500 M, dia menggunakan kubah pada bangunan Hagia Spohia di Konstantinopel.

Lalu sejak kapan Islam mulai menggunakan kubah pada arsitektur masjid? Secara historis dan arkeologis, kubah pertama dalam arsitektur Islam ditemukan di Kubah Batu (Dome of Rock) atau yang biasa dikenal sebagai Masjid Umar di Yerusalem. Kubah Batu dibangun sekitar tahun 685 M sampai 691 M.

Interior Kubah Batu dihiasi dengan arabesk - hiasan berbentuk geometris, tanaman rambatan dan ornamen kaligrafi. Unsur hiasan sempat menjadi ciri khas arsitektur Islam sejak abad ke-7 M. Hingga kini, kaligrafi masih menjadi ornamen yang menghiasi interior bangunan sebuah masjid.

Sejak saat itulah, para arsitek Islam terus mengembangkan beragam gaya kubah pada masjid yang dibangunnya. Pada abad ke-12 M, di Kairo kubah menjadi semacam lambang arsitektur nasional Mesir dalam struktur masyarakat Islam. Dari masa ke masa bentuk kubah pada masjid juga terus berubah mengikuti perkembangan teknologi.

Ketika Islam menyebar dan berinteraksi dengan budaya dan peradaban lain, para arsitek Islam tampaknya tidak segan-segan untuk mengambil pilihan-pilihan bentuk yang sudah ada, termasuk teknik dan cara membangun yang memang sudah dimiliki oleh masyarakat setempat tersebut.

Tak heran, jika bentuk kubah masjid pun terbilang beragam, sesuai dengan budaya dan tempat masyarakat Muslim tinggal. Hampir di setiap negara berpenduduk Muslim memiliki masjid berkubah. Di antara masjid berkubah yang terkenal antara lain; Masjid Biru di Istanbul Turki, Taj Mahal di Agra India, Kubah Batu di Yerusalem, dan lainnya. ( http://cvmicro2000.com/kubah-simbol-kebesaran-islam/)

Komentar Alit:

Sejarah tentang kubah memang belum terlalu jelas detailnya, namun menurut saya nih kubah masjid merupakan bentuk akulturasi dari kebudayaan Islam dan kebudayaan kaum Majusi (Penyembah Api). Hal ini bisa dilihat secara jelas dari bentuk kubah yang tampak seperti nyala api. Tapi Islam adalah agama yang lentur atau fleksibel. Islam boleh menggunakan bentuk bangunan yang sama asal tidak mengimani filosofinya, yakni menyembah api. Hal yang mana juga sama berlakunya dengan budaya tahlilan yang berkembang di sebagian masyarakat Indonesia, budaya nenek moyang boleh sama asal tidak mengimani filosofinya.

12 komentar:

  1. trims telah berkunjung ke website kami
    www.cvmicro2000.com

    BalasHapus
  2. SAYA SEORANG ARSITEK.......MENURUT TEORI PERKEMBANGAN SEJARAH TEORI ARSITEKTUR RELIGIUS......ATAP KUBAH MASJID PERTAMA KALI DIPERKENALKAN OLEH PEDAGANG-PEDAGANG TURKI KE SELURUH DUNIA.MEREKA BERDAGANG SEKALIGUS MENYEBARKAN AGAMA ISLAM......BENTUK ATAP KUBAH BERAWAL DARI BETUK BANGUNAN GEREJA YANG BERUBAH FUNGSI MENJADI MASJID DAN SEKARANG BERUBAH FUNGSI MENJADI MUSEUM....( GEREJA HAGIA SOPIA TURKI). DENGAN BERDASARKAN VILOSOFI MEMUSAT....CIRI-CIRI MASJID SEBENARNYA HANYA MENTUK YANG MENGIKUTI POLA RUMAH TINGGAL NABI MOHAMAD.....KARENA PENGAJARAN ISLAM MULA-MULA DI RUMAH NABI MUHAMAD.....CIRI-CIRI YANG SAMPAI SEKARANG MASIH DI TERAPKAN DI MASJID MAKKAH.....CIRI-CIRINYA 1. GEDUNG YANG BERATAP DATAR, 2. ADA MENARA, 3. ADA PORTAL (GERBANG), 4 ADA AIR WUDU (BUDAYA KOLAM PEMBASUHAN), 5. HALAMAN LUAS. JADI KALAU MAU DITARIK SEJARAH ERKEMBANGAN ARSITEKTUR ATAB KUBAH YA DARI TURKI.......DARI BANGUNAN GEREJA YANG DI RUBAH MENJADI MASJID (HAGIA SOPIA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah benar sejarah yg Anda terangkan...

      Hapus
  3. ooo...githu ya, saya malah baru tahu

    BalasHapus
  4. ooo ternyata inspirasinya malah dari gereja ya ?? baru tau aku
    http://qubahmenaracipta.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. kubah secara etimologi ditemukan dari kata cupola(yunani) yg artinya rumah tuhan/dewa. bangunan kubah sudah ada sejak bangsa yunani berjaya sebelum ditaklukan bangsa romawi. bangsa romawi mwngadopsi kubah pada bangunan kuil2nya. yang akhirnya digunakan juga pada istana kaisar. ketika bangsa romawi menguasai dunia, banyak membangun istana atau kuil dengan kubah ditanah jajahan, hingga ke palestina. kubah diadopsi oleh penganut yahudi dan kristen dalam membangun tempat ibadah. ketika khalifah umar menguasai pelestina, beliau membangun al aqsa dengan kubah dan al sakhra dengan kubah emas agar umat islam tidak terpesona oleh bangunan non islam (kuil, sinagog, gereja)yang megah dengan kubah. sejak itu kubah diadopsi dalam bagunan masjid. di indonesia masjid berkubah pertama adalah masjid baiturakhman di banda aceh, karya arsitek belanda de bruijn sebagai pengganti masjid raya banda aceh yang berarsitektur vernakular yang dibakar belanda sebelumnya.

    BalasHapus
  6. Saya ragu kalau kubah itu berasal dari agama lain,,,
    yang pasti saya harus belajar terus tentang Islam

    karena yang saya tahu, bentuk kubah Mesjid sangatlah unik dan memiliki manfaat untuk orang yang masuk ke dalam mesjid... baik fisik maupun psikis serta tidak bisa disejajarkan dengan kubah-kubah agama yang lain.

    BalasHapus
  7. Rosululloh sendiri tidak menyukai bangunan dengan kubah.

    BalasHapus
  8. inspirasi kubah pertama dari agra yaitu kuil tejo mahalaya yang dirampok oleh syahjadan. (stephen knaf)

    BalasHapus
  9. untuk info pembuatan kubah masjid silahkan kunjungi website kami di : kubahmasjid123.com

    BalasHapus
  10. kwkwkw gitu wae di ributin,kubah ane arsitektur islami gan.. :D
    ====================================
    Pesan Kubah Masjid Murah - stainless steel/enamel/panel harga murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net

    BalasHapus