Rabu, 27 Mei 2009

Makna Di Balik Tawaf

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya mengapa orang Islam diwajibkan bertawaf mengelilingi ka’bah? Dan mengapa pula ketika bertawaf kita meski melawan arah jarum jam, dari kanan ke kiri? Sebenarnya sudah lama sekali sejak tahun-tahun kemarin sih saya mau membahas masalah ini di blog tapi baru sekarang ada kesempatan dan ketemu buku rujukan yang pas. Berikut ini saya petikkan dari tulisan Dr. Thariq Muhammad al-Suwaydan tentang makna tawaf:

Tawaf dimulai dari Hajar Aswad. Ka’bah berada di sisi kiri, dan berjalan memutar melawan arah jarum jam. Lalu mengapa tawaf dilakukan dengan berjalan ke kiri? Mengapa ka’bah diposisikan di sebelah kiri orang yang bertawaf? Apa arti semua itu?

Aku menemukan jawabannya. Planet-planet termasuk matahari, berjalan pada rotasinya dengan berputar dari kiri ke kanan, terbalik dengan arah jarum jam. Bahkan, galaksi Bimasakti pun berjalan dari kiri. Elektron-elektron juga demikian.

Dalam tubuh manusia, darah bersirkulasi dari jantung ke seluruh tubuh dari arah kiri. Jika kita katakan, bergerak atau berputar, itulah makna tawaf. Jadi, alam raya seakan tawaf dan bertasbih kepada Penciptanya. Seluruh alam bertasbih kepada Sang Pencipta, kemudian hal itu disebut gerak atau rotasi. Itulah tawaf. Allah Swt berfirman, “Tidak ada satu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kalian tidak mengerti tasbih mereka” (QS. Al Isra: 44)


Alam yang kita alami hanyalah satu dari milyaran galaksi. Semua itu ada di langit dunia. Allah Swt berfirman, “Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (kami), dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa.” (QS. AL Dzariyat: 47)

Semua langit berhubungan dengan langit sesudahnya seperti lingkaran di padang pasir. Begitu seterusnya sampai langit ketujuh. Setiap bintang dan planet memiliki galaksi dan rotasi ke arah kiri. Semua tidak pernah melampaui garis edarnya dalam berputar. Jarak antara bintang-bintang dan planet-planet sangat jauh. Jarak antara bumi dan matahari sekitar 386 juta kilometer. Sedangkan jarak bulan dan bumi sekitar 150 juta kilometer. Jarak yang jauh ini tidak seberapa dibandingkan jarak yang ada di alam raya ini. Jarak antara satu bintang dan bintang yang lain diperkirakan sekitar empat tahun perjalanan cahaya. Kecepatan cahaya adalah 360.000 kilometer/detik.

Subhan Allah, wa al-hamd li Allah, wa la ilaha illa Allah, Allah akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar). Lebih besar dari semua itu. Lebih besar dari semua yang kita ketahui, dan yang tidak kita ketahui.

Jika dipikirkan, dengan tawaf seorang muslim berarti mengikuti irama alam semesta dan mengikuti malaikat yang tawaf di Bayt al-Ma’mur di langit ketujuh. Bisa jadi tawaf yang mengindikasikan perputaran waktu ini merupakan isyarat bagi jemaah haji agar mengatur segala urusannya dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak menyia-nyiakan waktu. Pandanglah bumi ini. Manusia akan menyadari posisinya dan akan tampak kecil di hatinya. Lihatlah planet dan galaksi. Semua akan tampak besar di hatinya. Ia akan berkata, “Bumi ini hanyalah noktah yang berenang di angkasa.” Ia akan berkata di hatinya “Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Allah lebih besar.” Akhirnya, semua itu mendorongnya untuk tunduk dan merendahkan diri. Seluruh alam semesta bertawaf menyembah Allah dan kita bergerak bersamanya. Alam semesta pun tunduk kepada-Nya. Dalam tawaf kita mengikuti alam semesta: menghadap Allah. Kita berputar mengikuti aturan-Nya. Kita berusaha mengikuti iramanya di bumi agar tidak terjadi ketimpangan di alam semesta. @alit-2009

Sumber: Rahasia Terindah Haji dan Umrah oleh Dr. Thariq Muhammad al-Suwaydan
****
Mengetik artikel ini sambil ditemani hantu-hantu ternyata lumayan mencekam juga ya...hiiiii...sereeeem...

Pola Tidur Rasulullah Saw dan Aturan Yang Beliau Ajarkan Berkenaan Dengan Tidur


Mau tahu banyak bagaimana cara-cara Rasulullah saw tidur? Kalau begitu ayo kta intip. Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan Rasulullah saw berkenaan dengan tidur yang mungkin kita tidak tahu selama ini namun perlu kita ketahui sekarang agar kita bisa lebih mengenal orang yang paling kita sayangi didunia ini setelah Allah swt ini, yaitu:
  • Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud
  • Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
  • Terus berdzikir sampai jatuh tertidur
  • Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
  • Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi

Setelah tahu kebiasaan-kebiasaan Rasulullah saw dalam hal tidur mungkin kita juga perlu tahu bagaimana aturan-aturan tentang tidur yang telah diajarkan oleh Rasulullah:

1.Tidur Terbaik

Tidur terbaik adalah tidur yang dimulai dengan posisi miring ke kanan. Tujuannya adalah agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri. Kemudian padanya dianjurkan untuk mengubah posisi ke kiri untuk mempercepat proses pencernaan. Baru kemudian tidur dilanjutkan dengan posisi miring ke kanan kembali. Sebagai peringatan, jangan terlalu sering tidur dalam posisi miring ke kiri karena hal itu dapat membahayakan organ hati yang berada di sisi kiri dekat dengan lambung. Pada saat itu organ-organ tubuh akan mengarah pada hati dan beresiko mengalirkan bahan berbahaya ke dalamnya.

Email Umpan Balik

Posisi tidur terbaik adalah miring ke kanan nih, kan mengikuti sunnah Rasul!

Ada yang menyatakan bahwa hikmah tidur dengan posisi miring ke kanan adalah agar orang yang melakukannya terlalu lelap dalam tidurnya, karena posisi hati/jantung di dalam tubuhnya agak miring ke kiri. Jadi jika seseorang tidur dengan posisi miring ke kanan, maka jantungnya akan terdorong dari tempatnya di sebelah kiri. Hal itu akan mencegah orang yang bersangkutan tidur terlalu lama dan terlalu lelap

2. Tidur Terburuk

Tidur terburuk adalah tidur dalam posisi telentang. Posisi ini hanya diperkenankan untuk beristirahat dan bukan untuk tidur. Namun demikian dibandingkan dengan posisi tidur telentang tidur dengan posisi tengkurap adalah posisi tidur yang paling buruk. Selain itu, selain bagi orang sakit, tidur di pagi dan sore hari adalah hal terburuk. Tidur di pagi hari dapat membahayakan tubuh karena kebiasaan ini dapat membuat tubuh lemah dan merusak organ-organ tubuh. Bahkan jika tidur di pagi hari dilakukan sebelum buang air besar, gerak badan/olah raga dan mengaktifkan lambung dengan makanan, maka kebiasaan tersebut dapat memunculkan berbagai macam penyakit. Sedangkan tidur di sore hari sesudah sholat Ashar dapat membuat orang kehilangan akal.

money-joke-sleeper-copyright5.gif

jangan keterusan tidur telentang dong Om!
Makanya mikirnya dollar terus tuh

hei, lucunya! tapi kok tidurnya tengkurap?

Hal terburuk lainnya berkenaan dengan tidur adalah tidur di bawah sinar matahari, meski hanya sebagian badan saja. Tidur di bawah sinar matahari dapat membangkitkan penyakit dalam tubuh. Berkenaan dengan hal ini, dari Abu Hurairah Rasulullah saw pernah bersabda,

“Jika salah satu dari kalian berada di bwah sinar matahari, kemudian ada bayangan yang menerpa tubuhnya, sehingga sebagian dari tubuhnya berada di bawah sinar matahari dan sebagian lainnya tidak, maka hendaklah dia bangun.”

Juga dari Buraidah bin Al Hushaib diterangkan bahwa, “Bahwasannya Rasulullah saw melarang seseorang di antara tempat yang teduh dan yang tersinari matahari.”

Pada akhirnya Rasulullah saw memberikan petunjukkanya kepada kita tentang bagaimana hendaknya kita tidur ucapkan doa berikut, ‘Ya Allah sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku kepada-Mu. Aku serahkan segala urusanku kepada-Mu. Aku ‘sandarkan punggungku’ pada-Mu, suka ataupun tidak,karena ak ada tempat berlindung dan mpat bermohon dari azab-Mu kecuali hanya pada-Mu. Aku beriman kepada Nabi-Mu yang telah Kau utus.’ Jadikanlah itu sebagai akhir dari perkataanmu (sebelum tidur), seandainya kau mati pada tidurmu itu, maka matimu adalah kematian di atas fitrah.

***

Sumber: Buku Penyembuhan Berbagai Penyakit Cara Nabi, oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah

***

Hari ini aku lagi kurang enak badan nih, jadi tulisannya agak kacau…hiks… Tapi ga ngapa-ngapain juga ga enak banget rasanya. Mana di rumah ga ada siapa-siapa lagi kecuali hanya para hantu yang menemaniku…sedihnyaaa…@Alit

Selasa, 26 Mei 2009

Bagaimana Menghilangkan Bau Bawang Putih?

Ayo coba ingat-ingat, berapa banyak makanan yang tidak memakai bawang putih sebagai bahan campuran bumbunya? Sepertinya sangat sedikit kalau tidak boleh dikatakan tidak ada. Nah, masalahnya selain dapat menggugah selera makan karena aromanya bawang putih juga bisa meninggalkan bau tidak sedap di mulut setelah kita selesai makan. Bahkan waktu sendawa pun baunya kadang-kadang masih ketinggalan kan? Iiiih...Untuk itu kita perlu solusi untuk mengatasinya, bagaimana ya?

Sebenarnya ada satu tips yang perlu dicoba nih untuk mengatasi bau bawang putih, yaitu dengan cara memakan buah apel atau meminum satu sendok madu setengah jam setelah makan bawang putih.

Akhirnya sambil mencoba-coba tips ini ada satu lagi peringatan yang harus diperhatikan nih. Jangan mentang-mentang sudah menemukan solusi terhindar dari bau tidak sedap bawang putih terus mau mengkonsumsi bawang putih sebanyak-banyaknya. Ini ternyata juga tidak bagus lho. Makan bawang putih banyak-banyak juga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan berbahaya bagi ibu hamil. Jadi tetap waspada ya biar sudah tidak terganggu lagi sama bau bawang putih!!@ alit

Senin, 25 Mei 2009

Mengenal Jenis-jenis Narkotik




Dulu waktu masih kuliah sih, saya sih pernah dikasih tahu banyak soal jenis-jenis narkotik sama Pak Polisi di Lab Forensik, tapi karena waktu itu tidak dicatat jadi sekarang udah banyak yang lupa hehehe...hanya yang sedikit saya ingat nih, bedanya morfin, heroin sama putaw. Nah, kalau morfin diekstrak maka saripatinya jadi heroin, sedangkan ampasnya disebut dengan putaw. Wow, kebayang kan kalo ampasnya saja bisa bikin klenger apalagi saripatinya???Ga heran banyak orang mati kalo udah kena heroin..hiiiii...serem....

btw, saya sih tidak kehilangan cara buat nginget-inget lagi memori saya dulu, saya masih punya postingan ini, yang saya ambil dari postingan tetangga-BNN:

Opioid

Opioid atau opiat berasal dari kata opium, jus dari bunga opium, Papaver somniverum, yang mengandung kira-kira 2 alkaloid opium, termasuk morfin. Nama Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan narkotik sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium. opiat alami lain atau opiat yang disintesis dari opiat alami adalah heroin (diacethylmorphine), kodein (3-methoxymorphine), dan hydromorphone (dilaudid).


Efek Samping Yang Ditimbulkan

Mengalami pelambatan dan kekacauan pada saat berbicara, kerusakan penglihatan pada malam hari, mengalami kerusakan pada liver dan ginjal, peningkatan resiko terkena virus HIV dan hepatitis dan penyakit infeksi lainnya melalui jarum suntik dan penurunan hasrat dalam hubungan sex, kebingungan dalam identitas seksual, kematian karena overdosis.

Gejala Intoksikasi (KeracunanN) Opioid

Konstraksi pupil (atau dilatasi pupil karena anoksia akibat overdosis berat) dan satu (atau lebih) tanda berikut, yang berkembang selama, atau segera setelah pemakaian opioid, yaitu mengantuk atau koma, bicara cadel, gangguan atensi atau daya ingat. Perilaku maladaptif atau perubahan psikologis yang bermakna secara klinis misalnya: euforia awal diikuti oleh apatis, disforia, agitasi atau retardasi psikomotor, gangguan pertimbangaan, atau gangguan fungsi sosial atau pekerjaan yang berkembang selama, atau segera setelah pemakaian opioid.

Gejala Putus Obat

Gejala putus obat dimulai dalam enam sampai delapan jam setelah dosis terakhir. Biasanya setelah suatu periode satu sampai dua minggu pemakaian kontinu atau pemberian antagonis narkotik. Sindroma putus obat mencapai puncak intensitasnya selama hari kedua atau ketiga dan menghilang selama 7 sampai 10 hari setelahnya. Tetapi beberapa gejala mungkin menetap selama enam bulan atau lebih lama.

Gejala Putus Obat Dari Ketergantungan Opioid

Kram otot parah dan nyeri tulang, diare berat, kram perut, rinorea lakrimasipiloereksi, menguap, demam, dilatasi pupil, hipertensi takikardia disregulasi temperatur, termasuk pipotermia dan hipertermia.
Seseorang dengan ketergantungan opioid jarang meninggal akibat putus opioid, kecuali orang tersebut memiliki penyakit fisik dasar yang parah, seperti penyakit jantung.
Gejala residual seperti insomnia, bradikardia, disregulasi temperatur, dan kecanduan opiat mungkin menetap selama sebulan setelah putus zat. Pada tiap waktu selama sindroma abstinensi, suatu suntikan tunggal morfin atau heroin menghilangkan semua gejala. Gejala penyerta putus opioid adalah kegelisahan, iritabilitas, depresi, tremor, kelemahan, mual, dan muntah.

Turunan Opioid (Opiad) yang sering disalahgunakan adalah :

Candu
Getah tanaman papaver somniferum didapat dengan menyadap (menggores) buah yang hendak masak. Getah yang keluar berwarna putih dan dinamai "Lates". Getah ini dibiarkan mengering pada permukaan buah sehingga berwarna coklat kehitaman dan sesudah diolah akan menjadi suatu adonan yang menyerupai aspal lunak. Inilah yang dinamakan candu mentah atau candu kasar. Candu kasar mengandung bermacam-macam zat-zat aktif yang sering disalahgunakan. Candu masak warnanya coklat tua atau coklat kehitaman. Diperjual belikan dalam kemasan kotak kaleng dengan berbagai macam cap, antara lain ular, tengkorak,burung elang, bola dunia, cap 999, cap anjing, dsb. Pemakaiannya dengan cara dihisap.

Morfin

Morfin adalah hasil olahan dari opium / candu mentah. Morfin merupaakan alkaloida utama dari opium ( C17H19NO3 ). Morfin rasanya pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan berwarna. Pemakaiannya dengan cara dihisap dan disuntikkan.

Heroin

Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan merupakan jenis opiat yang paling sering disalahgunakan orang di Indonesia pada akhir - akhir ini. Heroin, yang secara farmakologis mirip dengan morfin menyebabkan orang menjadi mengantuk dan perubahan mood yang tidak menentu. Walaupun pembuatan, penjualan dan pemilikan heroin adalah ilegal, tetapi diusahakan heroin tetap tersedia bagi pasien dengan penyakit kanker terminal karena efek analgesik dan euforik-nya yang baik.

Codein

Codein termasuk garam / turunan dari opium / candu. Efek codein lebih lemah daripada heroin, dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih. Cara pemakaiannya ditelan dan disuntikkan.

Demerol

Nama lain dari demerol adalah pethidina. Pemakaiannya dapat ditelan atau dengan suntikan. Demerol dijual dalam bentuk pil dan cairan tidak berwarna.

Methadon

Saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid. Sejumlah besar narkotik sintetik (opioid) telah dibuat, termasuk meperidine (Demerol), methadone (Dolphine), pentazocine (Talwin), dan propocyphene (Darvon).
Saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid. Kelas obat tersebut adalah nalaxone (Narcan), naltrxone (Trexan), nalorphine, levalorphane, dan apomorphine. Sejumlah senyawa dengan aktivitas campuran agonis dan antagonis telah disintesis, dan senyawa tersebut adalah pentazocine, butorphanol (Stadol), dan buprenorphine (Buprenex). Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buprenorphine adalah suatu pengobatan yang efektif untuk ketergantungan opioid. Nama popoler jenis opioid : putauw, etep, PT, putih.

KOKAIN

Kokain adalah zat yang adiktif yang sering disalahgunakan dan merupakan zat yang sangat berbahaya. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman belukar Erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman belukar ini biasanya dikunyah-kunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan.
Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal, khususnya untuk p, hidung dan tenggorokan, karena efek vasokonstriksifnya juga membantu. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotik, bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif dan efek merugikannya telah dikenali.
Nama lain untuk Kokain : Snow, coke, girl, lady dan crack (kokain dalam bentuk yang paling murni dan bebas basa untuk mendapatkan efek yang lebih kuat).

Egek Samping Yang Ditimbulkan

Kokain digunakan karena secara karakteristik menyebabkan elasi, euforia, peningkatan harga diri dan perasan perbaikan pada tugas mental dan fisik. Kokain dalam dosis rendah dapat disertai dengan perbaikan kinerja pada beberapa tugas kognitif.

Gejala Intoksikasi Kokain

Pada penggunaan Kokain dosis tinggi gejala intoksikasi dapat terjadi, seperti agitasi iritabilitas gangguan dalam pertimbangan perilaku seksual yang impulsif dan kemungkinan berbahaya agresi peningkatan aktivitas psikomotor Takikardia Hipertensi Midriasis .

Gejala Putus Zat

Setelah menghentikan pemakaian Kokain atau setelah intoksikasi akut terjadi depresi pasca intoksikasi (crash) yang ditandai dengan disforia, anhedonia, kecemasan, iritabilitas, kelelahan, hipersomnolensi, kadang-kadang agitasi.
Pada pemakaian kokain ringan sampai sedang, gejala putus Kokain menghilang dalam 18 jam. Pada pemakaian berat, gejala putus Kokain bisa berlangsung sampai satu minggu, dan mencapai puncaknya pada dua sampai empat hari.
Gejala putus Kokain juga dapat disertai dengan kecenderungan untuk bunuh diri. Orang yang mengalami putus Kokain seringkali berusaha mengobati sendiri gejalanya dengan alkohol, sedatif, hipnotik, atau obat antiensietas seperti diazepam (Valium).

nah, sekarang buat yang mau cepet mati yah silahkan aja jadi pecandu, tapi kalo mau sih jangan sia-siakan hidup mu kali bo'. Jadi pecandu mah itu jadul, sekarang jamannya hidup ceria apapun suasana hatimu. Cukup Yang Maha Pengasih saja yang jadi candu bagi kita..okeeee????@ALIT

Senin, 18 Mei 2009

Jajak Pendapat Smiling Report 2009, Indonesia Paling Murah Senyum

LONDON-Beberapa media massa Swedia selama beberapa pekan terakhir ini menuliskan laporannya bahwa Indonesia berada di tingkat pertama dalam urutan negara dengan masyarakatnya tersenyum paling tinggi di dunia dibandingkan dengan negara lainnya.

Mengutip laporannya The Smiling Report 2009 yang dilakukan salah satu Provider Misteri Belanja yang berada di Swedia justru menempatkan masyarakat Swedia berada di urutan ke 24, ujar Sekretaris Satu KBRI Stockholm ,Swedia Dody Kusumonegoro, Minggu (17/5).
Dalam jajak pendapat yang dilakukan tahun 2008 yang menyangkut lebih dari 2,5 juta pertanyaan mengenai Senyum (Smile) dan Salam (Add-Greeting) pada penjualan di 66 negara, Swedia menempatkan Indonesia pada bagian atas daftar.

Media Swedia melaporkan Indonesia sebagai negara yang paling tersenyum sebagai hasil dari pelanggan layanan data dari evaluasi yang dilakukan di seluruh spektrum dan pameran oleh AB Bisnis di seluruh dunia, di Swedia.
Dalam laporan itu disebutkan Indonesia sebagai negara tertinggi tersenyum dengan 98 persen. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan ucapan yang paling tinggi yaitu 98 persen.

Sementara itu Swedia berada di nomor 24 pada daftar untuk kategori senyum dengan angka 77 persen dan urutan 31 untuk ucapan salam dengan 81 persen.

Industri yang banyak senyum adalah di bidang kesehatan dan kecantikan perawatan serta transportasi dengan 86 persen dan nilai terendah berada di layanan bisnis B2B dengan hanya 52 persen.
Disebutkan bahwa dalam jajak pendapat itu disebutkan bahwa ucapan Salam tahun 2008 dan 2007 tercatat 81 persen dibandingkan dengan 88 persen pada 2004.
Ucapan salam tertinggi selain Indonesia juga menempatkan Hong Kong dengan 98 persen, sementara yang terendah adalah Maroko dengan 48 persen.

Ucapan yang terbaik ditemukan pada layanan di pemerintahan dengan 94 persen sementara di kalangan bisnis (B2) hanya 70 persen.

Dalam layanan penjualan skor tertinggi dicatat oleh Pakistan dengan 82 persen dan terendah adalah Finlandia dengan tiga persen. Dalam pelayanan B2B memiliki nilai tertinggi mencapai 65 persen sementara dalam segi kenyamanan tercatat sangat rendah dengan 40 persen.
Dalam laporan itu terdapat kesenjangan yang besar antara antara benua Australia memiliki skor tertinggi dari semua benua, dengan Senyum sebesar 89 persen dan Salam 92 persen sementara Afrika disebutkan terendah dengan 61 persen Senyum dan 51 persen Salam. ant

SUMBER: Surya, Senin, 18 Mei 2009

***

Heeee...begitu ya?? Baru tahu kalo Indonesia masuk urutan pertama 'negara paling murah seyum'. Masa' sih soalnya sebagai orang Indonesia aku kok ga begitu ngerasa jadi orang yang banyak senyum...tapi kalo ketawa sih lebih sering....hehehehe...

Ya udah deh mari kita buktikan dengan hasil jepretan fotho-fotho berikut deh. Sssstt....ane ambil ini dapat hunting dari situs-situs lainnya hehehe...minta ijinnya ya bo'...

biar baru kena bencana Tsunami yang penting tetap semangat
dengan satu kata "SENYUM"

ini senyum khas orang Bali ato apa ya??

biar gigi ompong yang penting kan senyum, lagi!

campur aduk-lah pokoknya!


Gimana sekarang hasil pembuktiaannya??? So, Ayo SENYUUUUM INDONESIA....

Selasa, 12 Mei 2009

RAHASIA SEHAT MAKAN DAN MINUM RASULULLAH SAW

Mengapa kita sering merasa sakit padahal menurut kita makanan dan minuman yang kita makan sudah benar komposisinya. Ternyata ada yang salah dengan cara kita makan dan meminumnya, termasuk doktrin-doktrin yang kita pakai selama ini. Bagaimana dalam hal ini Rasulullah Saw menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya hingga begitu awet muda, berikut adalah jawabannya:

Makanan Dan Cara Makan Rasulullah Saw:
Siapa saja yang meneliti jenis-jenis makanan dan bagaimana Rasulullah Saw makan, pasti akan mengetahui bahwa Rasulullah Saw tidak pernah sekalipun mengonsumsi secara bersamaan jenis-jenis makanan atau minuman sebagai berikut:

  • Susu dengan ikan
  • Susu dengan asam
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya masih panas
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya dingin
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya merupakan bahan yang lengket
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya merupakan bahan yang dapat menyebabkan sembelit
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya merupakan bahan yang dapat menyebabkan diare
  • Dua jenis makanan yang keduanya sama-sama keras
  • Dua jenis makanan yang keduanya sama-sama lembek
  • Dua jenis makanan atau minuman yang keduanya sama-sama tidak dapat disatukan
  • Dua jenis makanan atau minuman yang sama sekali berlainan jenisnya, seperti misalnya:
  1. Memadukan makanan atau minuman yang dapat menyebabkan sembelit dengan makanan atau minuman yang dapat menyebabkan diare
  2. Makanan yang cepat cerna dengan makanan yang sulit dicerna
  3. Makanan yang dipanggang dengan makanan yang direbus
  4. Makanan yang sebar dengan makanan yang diawetkan
  5. Susu dengan telur, dan
  6. Daging dengan susu

masakan "udang mayones" ini
mungkin merupakan salah satu kombinasi masakan yang kurang bagus

Selain itu ada beberapa hal yang tidak pernah dilakukan Rasulullah Saw ketika sedang makan, diantaranya:

  • Memakan makanan apapun ketika temperatur udara sedang terasa amat panas
  • Memakan makanan masak yang telah menginap dan kemudian dipanaskan lagi keesokan harinya
  • Memakan makanan yang sudah basi
  • Memakan makanan yang terlalu asin atau difermentasi

Usaha Rasulullah Saw berusaha meredam bahaya yang ditimbulkan oleh sebagian jenis makanan dari jenis yang lain jika hal itu memang mungkin dilakukan adalah:

  • Meredam bahaya makanan atau minuman yang terlalu panas dengan makanan atau minuman lain yang dingin
  • Meredam makanan yang terlalu keras dengan makanan atau minuman lain yang lembut, seperti yang pernah beliau lakukan ketika mengonsumsi kurma bersamaan dengan kurma yang sudah matang, atau ketika beliau mengonsumsi kurma bersamaan dengan lemak.
  • Rasulullah Saw. juga suka meminum air kurma yang berguna untuk melembutkan zat-zat yang terlalu tajam

Pesan Penting Dari Rasulullah Saw tentang makan:

  1. Rasulullah Saw melarang tidur sesaat setelah makan, karena hal itu dapat mengeraskan hati. Berkenaan dengan itu para tabib menganjurkan siapa saja yang ingin menjaga kesehatan untuk berjalan beberapa langkah setelah makan malam, kurang lebih seratus langkah, dan jangan tidur sesaat setelah makan, karena sangat berbahaya. Para tabib Islam malah menganjurkan kita untuk sholat setelah makan malam. Tujuannya agar makanan dapat mengendap di dasar organ pencernaan, sehingga makanan tersebut akan lebih mudah dicerna dan menjadi lebih bermanfaat bagi tubuh.
  2. Rasulullah Saw tidak pernah langsung minum setelah makan, karena hal itu akan merusak makanan. Apalagi jika air yang diminum masih panas atau dingin, air seperti itu sangat buruk bagi kesehatan.
  3. Rasulullah Saw tidak suka minum air sesaat setelah berolah raga atau lelah, setelah bersetubuh, sesaat sebelum dan sesudah makan, atau setelah makan buah-buahan, minum sesaat setelah mandi, dan minum sesaat setelah bangun tidur.
  4. Rasulullah Saw menganjurkan untuk makan malam meski hanya dengan segenggam kurma. Intinya, apapun keadaannya kalau bisa usahakan makan malam jangan sampai ditinggalkan

Berkaitan Dengan Minum:

Kebiasaan Rasulullah Saw adalah minum madu yang telah dilarutkan dengan air dingin. Kebiasaan ini sangat berguna untuk memperbaiki kualitas air liur di dalam kerongkongan, dapat membersih bulu-bulu halus pada dinding lambung serta melenturkannya, menyingkirkan sisa-sisa pencernaan, menghangatkan, dan mencegah terjadinya penyumbatan. Kecuali itu madu berbahaya bagi penderita penyakit lever, karena ketajamannya akan berbenturan dengan ketajaman cairan empedu sehingga akan memicu reaksi dari cairan empedu. Dalam kasus ini bahaya yang ditimbulkan oleh madu dapat dicegah dengan memberikan cairan cuka yang dapat mengembalikan khasiat madu bagi para penderita lever.

madu

Air terbaik adalah air yang berada dalam kondisi dingin dan diambil langsung dari sumbernya. Oleh sebab itu minuman yang paling disukai Rasulullah Saw adalah minuman dingin dan manis. Sedangkan air tawar yang dididihkan hanya akan membawa pengaruh yang sebaliknya.

Air yang diinapkan lebih bermanfaat daripada air yang yang langsung diminum setelah diambil dari sumbernya. Pernah satu kali Rasulullah Saw masuk ke rumah Abu Al Haitsam bin At Taihan dan bertanya, “Apakah ada air yang telah diinapkan dalam kantong air?” maka Abu Al Haitsam membawa air yang dimaksud dan Rasulullah Saw pun meminumnya. Jangan lupa bahwa partikel debu dan kotoran akan mengendap jika air diinapkan.

Air yang disimpan dalam kantong air lebih nikmat dibandingkan air yang disimpan
dalam bejana. Air yang disimpan dalam kantong air akan memiliki kesegaran tertentu karena kantong air memiliki pori-pori yang sangat halus di mana air dapat meresap. Disebabkan adanya pori-pori yang sangat halus itulah maka air yang disimpan dalam kendi terasa lebih nikmat dan lebih dingin dibandingkan air yang disimpan di bejana tanpa pori-pori.

kendi yang terbuat dari tanah

Pesan Penting Rasulullah Saw Tentang Minum:

Anas bin Malik pernah berkata:

Biasanya Rasulullah Saw bernafas tiga kali ketika minum, dan beliau bersabda bahwa hal itu lebih mengenyangkan, lebih menyehatkan, dan lebih nikmat.” (HR. Muslim)

Yang dimaksudkan dengan minum adalah air. Dan maksud dari ungkapan “bernafas ketika minum” adalah menjauhkan mangkuk dari mulut dan kemudian bernafas di luar mangkuk untuk kemudian kembali minum, sebagaimana bunyi sebuah hadits:

Jika salah seorang dari kalian minum, maka janganlah ia bernafas di dalam mangkuk, akan tetapi hendaklah ia menjauhkan bejana air yang digunakannya itu dari mulutnya.” (HR. Bukhari)

Cara minum tiga kali teguk seperti itu memiliki hikmah yang begitu banyak dan sekaligus memiliki manfaat yang amat penting. Rasulullah Saw berkali-kali memperingatkan bahwa minum tiga kali teguk adalah lebih mengenyangkan (bermanfaat), lebih sehat (lebih menyembuhkan rasa haus) dan lebih nikmat. Hal ini dikarenakan minum tiga kali tegukan akan menyebabkan air masuk ke dalam lambung yang merana secara berulang-ulang, sehingga air yang turun pada tegukan kedua akan mampu meredam derita lambung yang tidak dapat dihilangkan oleh tegukan pertama.

Adapun bahaya minum dalam sekali teguk adalah

  • Tersedak:

ketika seseorang minum dari organ hati dan lever akan muncul uap panas. Jika minum hanya dilakukan sekali teguk maka air dingin yang masuk akan bertumpang tindih dengan uap panas yang keluar dari hati dan lever

  • Sakit lever:

Jika salah seorang dari kalian minum, maka hendaklah ia minum sedikit demi sedikit dan jangan minum sekaligus. Karena penyakit kubad (penyakit lever) dipicu oleh (kebiasaan) minum sekali teguk.” (HR. Muslim)

Penyebabnya adalah karena terjadi benturan antara panas organ tubuh dengan air yang mengguyur dalam jumlah banyak sekaligus. Fenomena ini sama halnya dengan saat kita menuangkan air dingin ke dalam panci yang sangat panas. Jika kita masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam panci maka air tidak akan merusak panci tersebut. Dan yang pasti jangan sampai lupa mengucapkan Basmalah sebelum minum dan alhamdalah sesudah minum. *(^_^)*

Sumber: Disarikan dari buku Penyembuhan Berbagai Penyakit Cara Nabi oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

Huwaa….sudah dulu ah, mata udah pedih dan laptop juga dah panas nih. Jadi rehat dulu ngetiknya, info-info lain menyusul di periode berikutnya. Laptop ga ikut punya nih, kalo ada apa-apa bisa repot….lagian Rain pasti dah capek nyanyiin aku lagu om myung terus…hehehe…(@alit-2009)

Selasa, 05 Mei 2009

Animo Membatik di Kalangan WNA

Menjaga citra Kampoeng Batik Laweyan sebagai sentra industri batik di Solo, Jawa Tengah, warga memasang kain batik di atas jalan, Selasa (18/3). Selain membuat suasana kental sebagai kampung batik, pemasangan kain tersebut juga untuk menyukseskan tahun kunjungan Laweyan atau Visit Laweyan 2008.
.

JAKARTA, KOMPAS.com — Para warga negara asing (WNA) yang tinggal di ibu kota Jakarta dewasa ini semakin meminati dunia batik, baik untuk sekadar belajar membuatnya dan membawa buah tangan dari Tanah Air atau pun dipamerkan. "Turis atau WNA yang tinggal sementara terutama mereka yang dari Jepang banyak mempelajari cara membatik ke tempat ini, baik sekadar belajar atau membuat pameran di negara asal," ujar pengajar membatik Museum Tekstil, Krismini (47), di Jakarta, Selasa (5/5).

Bahkan, menurutnya, ada murid-murid yang datang dari negeri bunga sakura itu dan beberapa negara lain, baik secara individu atau pun berkelompok, secara khusus hanya untuk mempelajari kerajinan tangan yang berasal dari suku Jawa itu. Krismini yang telah menjadi staf pengajar membuat batik selama 10 tahun di Museum Tekstil mengaku telah memiliki murid sekitar 1.000 orang dan separuh di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Australia, Perancis, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan Afrika Selatan.

"Awal 2009 hingga kini sedikitnya saya memiliki 20 murid dari luar negeri dan didominasi dari Jepang, pada bulan Juni-Juli mendatang terdapat beberapa kelompok dari Australia yang dijadwalkan belajar membatik ke Museum Tekstil," kata dia.

Menurut dia, produk batik yang dihasilkan murid yang berasal dari luar negeri jauh lebih bagus dibanding batik yang dihasilkan oleh murid yang berasal dari dalam negeri seperti dari perguruan tinggi, masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
"Mereka yang dari luar negeri rasa ingin tahunya lebih dalam sehingga batik yang dihasilkan lebih halus, memiliki berbagai motif dan sangat sabar dalam pembuatan. Kalau orang kita enggak sabaran dan terkadang hanya sekadar ingin tahu saja," jelas Krismini.

Suyoun Kim, (32) wanita berkebangsaan Korea Selatan, mengaku telah setahun mempelajari cara pembuatan batik di Museum Tekstil, yang terletak di Jalan Aipda KS Tubun, Jakarta. "Batik merupakan kain tradisional yang cantik dan membuat saya suka, tapi orang Korea tidak banyak yang tahu. Nanti kalau balik ke Korea saya ingin perkenalkan kain cantik ini dan membuatnya di sana," ujar Kim yang mencoba berbahasa Indonesia dengan terbata-bata.

Pengelola Museum Tekstil, Eko Hartoyo, mengatakan, kegiatan wisata edukatif membatik di museum itu telah dibuka sejak tahun 1999, setelah pihaknya melakukan sosialisasi keberadaan museum ini yang diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada 28 Juni 1976.

SUMBER: Kompas.com, Selasa, 5 Mei 2009

*****

Wah, bagus nih batik Indonesia bisa dikenal di seluruh dunia. Apalagi animo mereka untuk belajar membatik juga demikian besar. Hanya satu masalahnya, kita sebagai orang Indoensia jangan pernah lengah. Jangan sampai di belakang hari ribut-ribut lagi soal hak paten dan lain sebagainya karena karya anak bangsa di curi bangsa lain.

Gimana? Mungkin udah saatnya nih bagi kita orang Indonesia untuk belajar "membatik" dengan menggunakan "hati" biar hasilnya nanti bisa lebih bagus dari karya orang lain. Aaaah..jadi pingin belajar membatik nih....Siapa mau ngajarin saya nih???Hehehe...

Alit

Minggu, 03 Mei 2009

Soft Drink Picu Tulang Keropos

Hmm...minum cola dingin di siang hari yang terik pasti menyegarkan, apalagi sesuai beraktivitas. Tapi tahukah Anda jika kebiasaan minum cola setiap hari akan membuat tulang keropos terutama pada wanita, seperti riset terbaru yang dilakukan Tufts University dan dilansir healthday, Sabtu (07/10/06).

Dalam laporan di American Journal of Clinical Nutrition, para ilmuwan menyebutkan cola sama sekali tak memberikan keuntungan bagi kesehatan wanita, karena cola terbukti bisa menurunkan densitas (kepadatan) tulang.

Pemimpin peneliti Katherine Tucker, Director of the Epidemiology and Dietary Assessment Program dari Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, menyatakan: "Cola bukan jenis minuman baik bagi wanita, karena terbukti bisa menurunkan kepadatan tulang. Mereka yang mengkonsumsi cola setiap hari beresiko mengalami penurunan masa tulang, dibanding mereka yang hanya meminumnya sekali seminggu. Untuk mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang) dini, cobalah mulai mengganti cola dengan minuman lain yang lebih menyehatkan."

Seperti diketahui cola sendiri adalah minuman populer di dunia, sementara osteoporosis dialami sekitar 55 persen penduduk Amerika, terutama kaum wanita. Dalam studi ini, ilmuwan menganalisa data medis dari 2.500 partisipan yang usianya tak lebih dari 60 tahun dan menganalisa kepadatan tulang di tiga area tulang pingul, dan tulang belakang.

Hasilnya, wanita yang minum cola secara rutin (empat cola per minggu), memiliki kepadatan tulang lebih rendah dibanding mereka yang menghindari meminum cola. Sementara itu mereka yang minum cola setiap hari mengalami penurunan kepadatan tulang sampai empat persen dibanding mereka yang tak mengkonsumsi cola.

Menariknya, dalam studi ini cola tak memberikan banyak efek buruk pada kepadatan tulang pria. Namun sampai saat ini tim masih meneliti alasan kenapa minuman berkarbonasi ini hanya mempengaruhi kepadatan tulang pada wanita.

Dalam hal ini diet cola memiliki efek sebanding dengan cola reguler, namun cola decaffeinated (tanpa kandungan kafein) tak memiliki efek pada densitas tulang. Kesimpulannya, kafein pada cola adalah penyebab utama naiknya resiko osteoporosis pada wanita.

Dr. Mone Zaidi, Director of the Mount Sinai Bone Program at Mount Sinai School of Medicine, New York City dalam dukungannya terhadap riset yang dilakukan Tufts University mengatakan: "Keterlibatan kafein dalam penyerapan kalsium menyebabkan terhambatnya susunan pembentukan mineral tulang. Jika kebiasaaan mengkonsumsi cola di usia muda terus dilakukan, bukan tak mungkin mereka akan mengalami osteoporosis sebelum mencapai menopause.

Padahal di usia 30-an, tubuh lebih banyak membuang kalsium dibanding menyimpan, apalagi kehilangan tulang akan terus terjadi secara bertahap di usia 40- 50 tahun. Selain itu setiap orang akan mengalami masa pengeroposan tulang yang datangnya variatif. Hal itu sangat wajar, mengingat adanya metabolisme tubuh, sementara kalsium sendiri akan hilang melalui kuku dan keringat, sehingga harus ada masukan kalsium, melalui makanan. Karena itu kampanye minum susu atau makanan tinggi kalsium sejak usia muda sangat perlu dilakukan, untuk mencegah tulang keropos.(kpl) Sumber: SuaraMedia.Com, Sabtu, 02 Mei 2009.

****

Kayaknya minum es jeruk/jus buah aja deh lebih amaaaaaan.....!!!

Alit

Pengamat Asing Khawatir "Nuansa Islami"

Pengamat ekonomi politik dari Northwestern University,  Jeffry Winters rupanya merasa cemas jika Indonesia mengarah lebih “islami”. (SuaraMedia News)


Jakarta (SuaraMedia) - Krisis finansial global dapat disebabkan oleh empat sebab, yakni ekonomi, politik sosial, perang, dan alam. Krisis seperti ini diperkirakan masih akan berlangsung lama. Bagi Bangsa Indonesia, tak hanya bergulat melawan krisis, kita juga menghadapi momentum krusial Pemilihan Umum (Pemilu).

Tapi masalah seperti krisis itu ada yang lebih mengkhawatirkan, yakni upaya Indonesia ke arah politik yang lebih “islami’ dalam kurun waktu 5 sampai 25 tahun mendatang. Itulah salah satu kekhawatiran pakar asing dari Northwestern University, Prof. Jeffrey A. Winters (22/4/2009), dalam acara diskusi dengan tema: “Krisis dan Pemilu: Upaya Mencari Jalan Keluar”, bertempat di Gedung Yustinus, Unika Atma Jaya, Jakarta.

Acara yang diselenggarakan Centre for Creative Economic Studies, Universitas Kristen Atma Jaya itu selain menghadirkan Prof. Jeffrey A. Winters, juga menghadirkan Dr. A.Prasetyantoko dari Centre for Creative Economic Studies Universitas Atma Jaya, dengan fokus ”Krisis finansial dalam perspektif ekonomi heterodoks”.

Secara umum Jeffrey menyebutkan, mentalitas bangsa Indonesia masih berpegang erat pada mentalitas 7 persen, yang merasa puas apabila tingkat GDP yang diperoleh dapat mencapai angka 7 persen. Padahal, menurut ia, angka 7 persen tersebut hanya cukup untuk mempertahankan status quo dan masih kurang untuk dapat memberikan ruang bagi upaya pertumbuhan dan perkembangan, yang setidaknya baru dapat dicapai apabila pemerintah berani menetapkan “double digit growth (DDG)” sebesar 10 persen.

Lebih lanjut diuraikannya, jika Indonesia masih mempertahankan mentalitas 7 persen, maka permanent poverty di Indonesia akan menjadi mimpi buruk yang menjadi kenyataan di bangsa ini.

Dilihat dari situasi politik di Indonesia yang saat ini tengah disibukkan oleh pemilu, baik legislatif maupun pilpres, Jeffrey berpendapat bahwa faktor uang dinilai masih merupakan faktor penting, dibandingkan aliansi dalam pemilu saat ini.

Winter menilai, perlu ada suatu gerakan bersama yang kuat untuk dapat menghadapi masalah. Menurut ia, gerakan saat ini yang jelas terlihat, dan bahkan mampu masuk ke grassroot, dalam upaya mencoba menjawab masalah yang ada di Indonesia, lebih bernuansa “islami”.

“Jika gerakan tersebut berhasil, maka justru akan mengancam pluralisme di Indonesia,” ujarnya.

Winters menuduh, ada yang ingin membuat Indonesia menjadi “negara Islam”. Fenomena inilah yang saat ini tengah terjadi di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa dirinya mengatakan hal tersebut bukan mendasarkan pada pandangan agama, tetapi lebih kepada pluralisme, mengingat Indonesia merupakan negara majemuk.

Indonesia merupakan satu dari tiga negara di dunia, seperti India dan Amerika Serikat yang bereksperimen dengan pluralisme, baik dari agama, suku, dan budayanya. Terdapat masyarakat yang berbeda dalam satu negara. Pertanyaannya adalah, apakah masyarakat yang berbeda tersebut dapat tinggal bersama dalam satu negara.

Dalam akhir penuturannya, Winters menilai, Indonesia merupakan negara yang memiliki pengalaman yang hebat dalam hal kemajemukan penduduknya, dan berharap agar Indonesia dapat mempertahankan pluralisme yang ada di negara ini.(hdt) sumber: SuaraMedia.Com, Sabtu, 02 Mei 2009

****

Sebagai seorang Muslim saya bisa memahami kalau Winters merasa khawatir jika Syariat Islam benar-benar diterapkan di Indonesia sepenuhnya. Di satu sisi dia memang ada benarnya, tapi itu kalau dia bisa membuktikan bahwa ternyata petinggi-petinggi Islam di Indonesia hanya separuh-separuh menerapkan "Syariat Islam" tersebut. Tapi jika sebaliknya yang terjadi, maka muslim Indonesia bisa menuntut balik argumentasi yang dilontarkan Winters itu.

Tinggal sekarang saya berharap pada Petinggi-Petinggi Muslim di tanah air serta Para Ulama dapat mematahkan pendapat Winters yang seperti itu. Mungkin kita bisa membuktikan, tidak hanya pada WInters tapi pada seluruh dunia, bahwa Islam itu tidak sekaku dan sekolot yang mereka pikirkan. Bahwa Islam pun bisa berdampingan dengan para penganut Plularisme di luar Islam sekalipun. Itu karena bagi umat Islam berlaku ketentuan: "Jika kamu ingin dihormati maka hormatilah juga kami punya prinsip. Jangan seperti sekarang, kami harus mengerti kamu tapi kamu tidak mau mengerti kami. Itu sih namanya 'EGOIS'."

Alit