Senin, 13 April 2009

Awas!Flu Singapura Sudah Sampai Di Indonesia


Flu singapura mulai rambah indonesia. SuaraMedia News


Depok (SuaraMedia) - Sebanyak delapan anak balita dalam satu kompleks Perumahan Bella Cassa di RT 1 RT 2 RW 8 Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Depok terjangkit flu singapura.

Hal itu diketahui dari hasil pantuan Kepala Puskesmas Sukmajaya, Linda Patrias. Balita yang terkena penyakit ini mengalami bintik merah di sekujur tubuh, deman sampai 38-39 derajat celcius, serta sariawan memenuhi mulut yang mirip jamuran.

Kepala Dinas Kesehatan Depok Hardiono mengatakan, delapan kasus flu singapura diketahui dari hasil diagnosa dokter spesialis penyakit dalam RS Hermina.

"Jadi delapan anak ini berobat ke Hermina dan indikasinya sama terkena flu singapura," paparnya di Depok, Senin (13/4/2009).

Menurut Hardiono, penyakit ini disebabkan oleh argo virus yang ditularkan melalui udara dan antarmanusia, serta terjadi dalam satu blok. "Saat ini kondisi kedelapan anak itu sudah baik, tapi bintik-bintik merahnya masih ada," ujarnya.

Dia menambahkan, penyakit flu singapura ini sebenarnya tidak telalu berbahaya bagi balita, namun membutuhkan perawatan intensif hingga sepuluh hari.

Tindakan dari Dinas Kesehatan Depok untuk mencegah penularan penyakit ini adalah turun ke lapangan dan melakukan tindakan tinggi kalori tinggi protein (TKTP). Yakni meninggikan kadar kalori dan protein di wilayah tersebut, sehingga anak memiliki daya tahan tubuh terhadap serangan flu singapura.

Dari pantuan, Sifa (4), salah satu anak yang mengidap flu singapura kondisi kesehatannya mulai pulih, namun bintik merah masih terlihat jelas. Sifa kena bintik merah di telapak kaki yang sebelumnya mengalami demam, tidak mau makan dan muntah-muntah disertai sariawan.

"Saya kasih obat sariawan biar bisa makan dan minum karena seperti ada jamur di mulunya. Saat itu panasnya sampai 38 derajat celcius," papar Elhida, ibu korban yang tinggal di Blok D4 Nomor 7 Perumahan Bella Cassa.(okz)

Sumber: SuaraMedia.Com, Senin, 13 April 2009 14:12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar