Minggu, 19 Oktober 2008

Internet Dapat Bantu Ketajaman Ingatan

(ANTARA News) - Melakukan pencarian di Internet ternyata dapat membantu orang dewasa setengah baya mempertahankan ketajaman ingatan mereka, kata peneliti AS, Selasa.

Para peneliti di University of California Los Angeles itu melakukan pengamatan terhadap orang yang berselancar di internet sementara kegiatan otak mereka dicatat dengan mesin pencitraan gema magnetik.

"Apa yang kami saksikan ialah orang yang memiliki pengalaman internet menggunakan lebih banyak otak mereka selama pencarian," kata Dr. Gary Small, ahli dari UCLA mengenai usia tua, dalam suatu wawancara telepon dengan wartawan kantor berita Reuters.

Banyak mahasiswa telah mendapati bahwa tantangan kegiatan mental seperti teka-teki dapat membantu memelihara fungsi otak, tapi tak banyak orang yang telah memperhatikan peran apa yang mungkin dimainkan internet.

"Ini untuk pertama kali setiap orang telah mensimulasikan tugas pencarian internet sewaktu menyaring otak," kata Small.

Timnya mempelajari 24 relawan berusia antara 55 dan 76 tahun. Separuh dari mereka berpengalaman dalam melakukan pencarian di internet dan separuh lagi tak memiliki pengalaman soal situs web.

Selain itu, semua kelompok tersebut memiliki kesamaan usia, jenis kelamin dan pendidikan.

Kedua kelompok tersebut diminta melakukan tugas pencarian melalui internet dan membaca buku sementara kegiatan otak mereka dipantau.

"Kami mendapati bahwa dalam tugas membaca buku, kulit visual otak --bagian otak yang memantau bacaan dan bahasa-- aktif," kata Small.

"Dalam melakukan tugas pencarian internet, ada kegiatan yang jauh lebih besar, tapi hanya dalam kelompok yang memahami internet," katanya.

Ia menyatakan tampaknya orang yang mengenal internet terlibat dalam tingkat kegiatan otak yang jauh lebih dalam.

"Ada sesuatu mengenai pencarian di internet, tempat kita dapat mengukurnya hingga tingkat kita menemukan tantangan," kata Small.

Pada otak orang tua, atrophia dan kegiatan sel yang berkurang dapat merugikan fungsi kognitif. Kegiatan yang membuat otak tetap terlibat dapat memelihara kesehatan otak dan kemampuan berfikir.

Small berpendapat belajar melakukan pencarian di internet mungkin menjadi salah satu kegiatan itu.

"Itu memberitahu kita bahwa barangkali kita dapat mengajarkan otak orang tua teknik baru internet," katanya.(*)

COPYRIGHT ©15/10/ 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar