Jumat, 05 September 2008

Fakta Tentang Daya Ingat

  • Mengapa lebih mudah mengingat wajah ketimbang nama?

Menurut penelitian, lupa yang paling sering dialami orang adalah lupa nama seseorang. Meski begitu, umumnya orang tersebut masih bisa kita kenali wajahnya. Ini terjadi karena ketika berinteraksi dengan seseorang meski hanya beberapa saat, saat bercakap-cakap anda mempunyai waktu memandang wajah lebih lama. Sedangkan nama, mungkin hanya diucapkan satu dua kali, saat bersalaman.

  • Orang muda sekarang mudah lupa?
Memang belum ada peneletian khusus tentang ini, tapi secara umum orang muda masa kini cenderung bergantung pada lat-alat bantu 'Daya ingat' semacam buku catatan, organizer sampai handphone untuk membantu mereka mengingat hal-hal penting. Kondisi ini terjadi antara lain karena jadwal aktivitas yang padat, sehingga mereka sulit mengingat sesuatu secara manual. Apalagi daya ingat seseorang akan semakin melemah kalau dalam keadaan stres atau depresi

  • Wanita lebih pikun dibanding pria?
Sebenarnya tidak demikian, kondisi yang sebenarnya adalah wanita lebih banyak yang berusia panjang ketimbang pria. Karena pertambahan usia biasanya disertai dengan penurunan daya ingat, akibatnya jumlah orang pikun lebih di dominasi oleh wanita ketimbang pria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar