Jumat, 15 Agustus 2008

RAHASIA SUSU DALAM QUR’AN SURAT AN NAHL(LEBAH)


Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl: 66)

Susu adalah satu nikmat yang sangat besar nilainya dalam kehidupan manusia. Kebutuhan gizi manusia -khususnya anak kecil- sangat bergantung pada kandungan nutrisi dan gizi yang ada dalam susu.

Susu merupakan mukjizat yang Allah tanamkan dalam tubuh binatang ternak. Keterangan mengenai hal ini telah diulas oleh Al Qur’an, jauh sebelum ilmu pengetahuan modern mampu menganalisisnya. Ulasan dalam Al Qur’an itu berisi tentang proses pembentukan susu, sebagai berikut:

Pertama-tama setelah binatang ternak mengunyah makanannya, makanan tersebut akan sampai ke lambung dan diolah nutrisinya. Sesudahnya makanan yang tersisa dan tak bernutrisi akan disalurkan ke saluran pembuangan, sementara nutrisi akan disalurkan ke dalam aliran darah.

Terakhir, darah yang mengandung nutrisi ini akan melewati kantung proses kedua. Dengan demikian, maka dipahami bahwa pada proses pertama air susu terproduksi dari proses yang ada antara darah dan saluran pembuangan. Hal inilah yang ditekankan dan disebutkan dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 66 sebelum ilmu pengetahuan mampu membuat kesimpulan ini.@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar