Selasa, 08 Juli 2008

Apakah Semua Manusia Keturunan Nuh as.?

seorang teman mengirim e-mail dan bertanya begini:

apakah semua manusia ini keturunan Nuh as. ?

jawabannya:

"menurut riwayat sewaktu terjadi air bah di masa Nabi Nuh, semua orang yang tinggal di dunia meninggal. ini berdasarkan asumsi bahwa sensus jumlah penduduk kala itu hanya beberapa ribu orang saja sedunia. analoginya kalau tsunami di Aceh saja bisa menelan begitu banyak korban padahal gunung2 disekitar tidak tertutup air, maka yang terjadi di masa Nabi Nuh bisa jauh lebih parah dibanding itu.


ada pun pengikut Nabi Nuh waktu itu hanya berjumlah sekitar 80-an orang. dan itu pun sebagian besarnya dikabarkan sakit dan meninggal pasca air surut. sehingga yang tersisa akhirnya hanya sedikit sekali orang. jadi, tidak heran kalau anak-turun yang tersisa itu pada akhirnya hanya bernenek moyang Nabi Nuh saja.

anak Nabi Nuh sendiri ada 3 orang yang selamat, yaitu, Sam, Ham dan Yafat
  1. Sam menurunkan kelompok bangsa SEMITIC yang terdiri dari orang Arab, Assyiria, Aramian dan Elamites. Israel sudah termasuk di dalam kelompok-kelompok ini. ada satu turunan dari kelompok ras ini namanya bangsa Kanaan (Kanaan itu beda dengan Israel, karena mereka sudah ada sejak sebelumnya) yang selanjutnya menurunkan bangsa Hitties, Amorites, Jebusites, Hivites, Girgasithes dan Perrizites. persilangannya dengan ras-ras bangsa yang lain, diantaranya dengan Hamitic menurunkan bangsa Phinisa, Karthaginia dan Heth.
  2. Ham, menurunkan kelompok bangsa HAMITIC yang terdiri dari bangsa Cushites (Ethiopia/Abbasinia), Mizraim (Mesir), dan Put (Libya). umumnya ras Hamitic kelompok kulit putih tinggal di wilayah Afrika Utara dan Timur Sahara.
  3. Yafat, menurunkan kelompok bangsa Media, Ionia, Citrium, Tarshish, Meshech dan Tubal. kelompok ini mendiami wilayah utara dan barat Palestina. orang-orang inilah yang menjadi cikal bakal ras Arya dan Eropa. sebagian orang Eropa kemudian menganggap dirinya sebagai kelompok bangsa Kaukasia sementara sebagaian yang lain tetap menagnggap dirinya adalah bangsa Arya. penyebaran kelompok ras ketiga ini meliputi daratan Eropa (ras indo Eropa) dan sebagian lainnya ke arah timur, sampai masuk wilayah China. orang-orang seperti orang India, Turki dan Mongoloid masuk dalam kategori kelompok ketiga ini dari berbagai macam hasil perkawinan silang.
benar salahnya hasil penelitian ini, semua itu berada di tangan Allah swt, manusia hanya berusaha menggali. Wallahu'alam.

2 komentar: