Kamis, 03 Juli 2008

ANCAMAN MINUMAN ALKOHOL BAGI WANITA

Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung ethyl alcohol atau etanol. Etanol merupakan hasil fermentasi karbohidrat yang berasal dari buah-buahan atau biji-bijian. Minuman beralkohol bisa menimbulkan kecanduan karena zat etanol punya sifat adiktif dan bereaksi sebagai zat anestetik atau zat penenang.

Prof. DR. dr. H. Dadang Hawari, psikiater yang banyak menangani pasien kecanduan narkoba dan zat adiktif lainnya, menyatakan, “Untuk menjadi pecandu alkohol tidak mengenal istilah banyak atau sedikit. Karena, bila sudah mencicipi minuman beralkohol, akan selalu ada saat di mana orang menagih untuk kembali meminumnya. Itu karena di dalam alkohol terdapat zat etanol yang adiktif (membuat kecanduan) dan bersifat menenangkan seperti heroin, valium, dan morfin.”

Jenis Dan Kadar Minuman Beralkohol

  • Bir

Merupakan hasil fermentasi karbohidrat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mengandung alkohol sebesar 3-6%

  • Wine

Dihasilkan dari fermentasi sari buah anggur. Sari buah lain yang juga bisa digunakan adalah buah pir, apel, beri dan bunga dandelions. Mengandung alkohol sebesar 10-14%

  • Liquor

Minuman beralkohol yang dibuat dengan proses penyulingan lalu digabungkan dengan aroma dan cita rasa lain seperti jeruk. Biasanya mengandung gula dan alkohol 30-35%

  • Vodka

Dikenal sebagai minuman tradisional Rusia. Biasanya merupakan hasil penyulingan dari fermentasi bubur gandum. Mengandung 40% alkohol.

  • Rum

Dihasilkan dari penyulingan berbagai produk fermentasi gula tebu. Umumnya yang dicampur untuk pembuatan rum adalah sirup gula dan air. Kadar alkoholnya 40-75%

  • Gin

Merupakan hasil penyulingan dari fermentasi biji-bijian. Biasanya cita rasa didapat dengan mencampurkan juniper berries (sejenis buah beri). Memiliki kadar alkohol 40-45%

  • Brandy

Minuman beralkohol ini dihasilkan dari penyulingan wine dari anggur. Kandungan alkoholnya adalah 40-50%

  • Wiski

Sejenis liquor yang merupakan hasil penyulingan dari bubur biji-bijian. Kadar alkoholnya 40-50%.

Wanita Lebih Beresiko Daripada Pria

Salah satu yang mempengaruhi efek alkohol bagi tubuh adalah berat badan. Orang yang bobotnya lebih berat, karena volume darah dan air dalam tubuhnya lebih banyak, maka pengaruh alkohol pada tubuhnya cenderung lebih kecil. Hal ini disebabkan alkohol yang larut dalam tubuhnya punya konsentrasi lebih kecil. Sementara wanita umumnya memiliki bobot tubuh yang lebih ringan dibanding pria sehingga konsentrasi alkohol yang masuk dalam tubuhnya cenderung lebih pekat. Akibatnya wanita lebih sensitif terhadap pengaruh alkohol.

Ada dua macam pengaruh alkohol pada peminumnya. Yaitu pengaruh secara langsung dan tidak langsung (terakumulasi).

Pengaruh langsung biasanya bisa dilihat dari gejala fisiologisnya yang berupa:

  • Bicara cadel
  • Jalan limbung
  • Mata jereng
  • Muka merah
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Bicara melantur
  • Kehilangan kemampuan berkonsentrasi

Sementara pengaruh buruk alkohol pada kesehatan tubuh umumnya tak langsung terjadi. Daya racun dari alkohol baru terasa setelah racun bertumpuk-tumpuk masuk dalam tubuh dan terjadi pada rentang waktu tertentu.

Gangguan kesehatan tubuh akibat alkohol pada wanita antara lain:

  1. Memicu kanker payudara

Zat acetaldehyde, yaitu hasil metabolisme alkohol dalam tubuh, ternyata merusak kemampuan alami sel untuk memperbaiki DNA. Akibatnya, mutasi sel mudah terjadi dan akan menimbulkan kanker. Wanita yang gemar mengkonsumsi alkohol punya resiko terkena kanker payudara lebih besar karena alkohol dapat mengganggu dan meningkatkan produksi hormon estrogen secara berlebihan yang dapat merangsang mutasi sel.

  1. Mengurangi kesuburan

Terganggunya keseimbangan hormon estrogen akibat mengkonsumsi alkohol juga mempengaruhi fungsi organ reproduksi wanita. Akibatnya antara lain siklus menstruasi menjadi kacau dan infertilitas (mandul). Aktifitas racun etanol mampu mencegah terjadinya ovulasi sehingga bisa menjadi penyebab utama kemandulan

  1. Meracuni janin

Wanita hamil bila mengkonsumsi alkohol sama saja dengan meracuni bayinya sendiri. Karena alkohol bersifat racun bagi janin dan dapat mengakibatkan fetal alcohol syndrome, yaitu sindrom akibat terganggunya organ tubuh pada masa perkembangan janin dalam kandungan. Biasanya, bayi akan lahir dengan bentuk otot tubuh dan kepala yang terlalu kecil. Selain itu, bayi yang dikandung kemungkinan besar juga akan mengalami gangguan pada pendengaran, penglihatan, dan juga masalah kecanduan alkohol serta gangguan pada pelakunya.

  1. Merusak jantung

Alkohol bila menyerang otot jantung dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan otot jantung. Akibatnya, otot jantung akan membesar dan menjadi lunak. Keadaan ini akan melemahkan kerja jantung. Buntutnya, darah yang dipompa untuk diedarkan ke seluruh tubuh pun terganggu.

  1. Tekanan darah tinggi

Zat etanol yang terdapat dalam darah akan memicu penambahan hormon epinephrine. Bila keadaan ini disertai dengan kondisi tubuh yang kekurangan mineral magnesium maka kombinasi kondisi ini akan menimbulkan detak jantung yang tak beraturan. Berikutnya, keadaan ini dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

  1. Mudah terserang stroke

Terganggunya efisiensi pemompaan darah oleh jantung dapat membuat aliran darah ke otak jadi terhambat. Akibatnya, suplai makanan dan oksigen ke otak pun terganggu dan keadaan ini dapat memicu terjadinya stroke.

  1. Mengundang osteoporosis

Reaksi alkohol dalam tubuh akan mengakibatkan paratyroid hormon, hormon yang bertugas mengatur penyerapan, distribusi dan pengeluaran kalsium dalam tubuh, berkurang jumlahnya. Keadaan ini menyebabkan timbulnya osteoporosis (kerapuhan tulang).

  1. Mengakibatkan gangguan mental

Pemakaian alkohol dalam jangka panjang dapat mengganggu sinyal penghantar saraf (neurotransmitter). Keadaan ini dapat mengakibatkan gangguan mental yang membuat perilaku, pikiran, dan karakter seseorang berubah.

Seperti halnya pecandu narkoba, pecandu alkohol pun mempunyai gejala bila sedang ketagihan, meliputi:

- Tangan, lidah, dan kelopak mata gemetaran

- Timbul rasa mual

- Jantung berdebar, tekanan darah meningkat

- Tubuh berkeringat

- Gelisah

- Berhalusinasi pendengaran

Alkohol yang sering menjadi pelarian mereka yang sedang stres, sejatinya justru dapat meningkatkan stres bagi para peminumnya. Sebabnya adalah alkohol dapat mengganggu sistem endokrin (hormonal) yang berfungsi menjaga ketahanan seseorang dari tekanan/stres.

Kalau melihat dampak buruk alkohol semacam ini, sebaiknya pikir-pikir saja dulu sebelum anda berani mencobanya. Namun demikian bagi yang sudah terlanjur menjadi pecandu dan belum dapat berhenti secara total, Dr. Peter J. D’Adamo memberikan resep terapi alkoholisme-nya sebagai berikut:

  1. Jika anda mengonsumsi alkohol, hindarilah obat simetidin (Tagamet) dan racitidin (Zantac). Kedua obat itu menghambat kerja enzim gastrik alkohol dehidrogenase, mengganggu proses penguraian alkohol dan mempengaruhi peningkatan kadar alkohol dalam darah.
  2. meminimalkan efek alkohol dengan mengonsumsi makanan yang difermentasi (probiotik). Makanan semacam itu dapat bermanfaat sebagai agen anti-hangover (penahan rasa sakit setelah bangun pagi akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol).

Di Indonesia beberapa produk minuman probiotik yang banyak mengandung bakteri baik telah diproduksi dan dikemas dalam bentuk minuman botolan. Sementara untuk jenis makanan, tidak tahu apakah tape ketela dan tape ketan termasuk jenis makanan probiotik juga?

Singkat kata, bagi yang sudah terlanjur mengalami kecanduan, saat ada kesempatan untuk mengurangi takaran dan berhenti dari keinginan untuk minum minuman beralkohol maka sebaiknya segera saja lakukan daripada terlambat. @ ditulis: 1 Juli 2008

Sumber: Majalah Femina dan Eat Rigth for Your Type –Ensiklopedia Lengkap Diet Sehat Golongan Darah, oleh: Dr. Peter J. D’Adamo

9 komentar:

  1. Waaw , informasi yang sangat baik !!!

    BalasHapus
  2. minuman berenergi21 Mei 2015 21.42

    Sudah tahukah anda, berapa total hadiah kontes seo minuman berenergi aman tidak berbahaya Kratingdaeng?
    Juara 1 aja dapet 6 juta dan masih ada 5 hadiah lagi untuk juara lainnya, buruan ikutan. Informasi selengkapnya silakan
    klik disini>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

    Silakan kunjungi juga website kami yang menyediakan perhiasan xuping, untuk aksesoris dan bisa membuat anda tampil keren dan cantik bila memakai perhiasan tersebut.
    Info selengkapnya silakan klik disini>> toko perhiasan

    BalasHapus