Jumat, 27 Juni 2008

MANFAAT BUAH ANGGUR

Allah swt. berfirman di dalam Al Qur’an:


Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al An’am: 99)


Bangsa Arab kuno mengatakan, banyak sekali manfaat medis pada buah anggur. Mereka banyak mengambil manfaat sebagai makanan dan obat.


Di antara perkataan bangsa Arab Kuno adalah “Anggur memperlancar perut, berguna bagi usus, baik untuk sakit, untuk vitalitas seks, baik untuk tubuh, memproduksi darah baru, berguna untuk dada dan paru-paru, merupakan buah berkualitas, berminyak, memperbaiki ginjal yang busuk, membersihkan darah, mengimbangi temperamen, melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan, berguna untuk penyakit radang, penyumbatan ginjal dan limpa, penyakit syaraf, radang paru-paru, dan sembelit.”


  • Daun-daun anggur yang dimasak sampai mendidih seperti minuman teh memiliki keistimewaan untuk penyaluran air kencing, dan bahkan membersihkannya pada kondisi disentri, mencret, dan penyumbatan air kencing, serta penyakit kuning. Juga meringankan kadar asam urik, mengawasi fungsi hati yang dapat mengakibatkan diuresis (melimpahnya air kencing). Anggur juga membantu penyimpanan zat-zat otot dan lemak sehingga melawan keletihan badan secara umum.

  • Dokter Yunani Deskoredes, meyakini bahwa anggur menyembuhkan dari demam, pendarahan pada dada, disentri, dan penyakit hati. Sebagaimana buah kismis yang dikeringkan di bawah matahari digunakan untuk memperlunak penyakit dada dan penyakit paru-paru, hati, ginjal dan urinary bladder (kandung kemih). Adapun daun anggur digunakan sebagai anti penyakit kulit dan menghentikan pendarahan pada wanita.

  • Anggur dalam medis modern telah diteliti dan ditemukan mengandung potasium, mangan, kalsium, magnesium, sodium, besi, khlor, fosfor, dan yodium dalam kadar tinggi. Anggur kaya dengan vitamin A, B dan C. Juga mengandung 1 kilo dari 120-150 gram gula murni, kadarnya bertambah 15% ketika anggur semakin masak. Unsur lain yan dikandung adalah seperti ASI yang berfungsi sebagai makanan efektif, sudah mencukupi hanya dengan mengosumsinya dalam bulan-bulan pertama dari kehidupan bayi. Dengan demikian, anggur dipandang sebagai buah-buahan yang sempurna dan kaya dengan bahan-bahan gizi.

  • Para dokter natural menasihatkan untuk mengonsumsi 200 gram anggur setiap hari sebelum sarapan pagi atau 5 jam setelah sarapan pada musim anggur. Keistimewaannya adalah memelihara tubuh dari berbagai kekurangan dan cacat. Adapun cara melakukan pengobatan dengan menggunakan anggur adalah dengan sebisa mungkin mengonsumsinya sebelum sarapan, lalu berjemur di bawah matahari, menghirup udara bersih, melakukan latihan olah raga, berjalan kaki, dan berwisata. Setiap kali merasa lapar makanlah beberapa anggur. Pola penyembuhan ini dilakukan hingga beberapa minggu sampai kembali pulih.


Percobaan Medis Secara Natural:


Sebuah sensus khusus mencatat percobaan pada penyakit kanker, yang hampir tidak dialami oleh negara yang memiliki tanaman anggur yang banyak dan menjadikan anggur sebagai makanan pokok penduduknya. Anggur dijadikan uji coba oleh puluhan dokter di beberapa negara, dan hasilnya memuaskan dan menakjubkan.


Cara Pengobatan Dengan Anggur:


  • Pertama-tama ia harus bersedia meninggalkan sama sekali makanan selama beberapa hari sesuai kemampuan.

  • Kemudian meminum dua gelas air bersih dicampur sedikit limun atau madu lebah.

  • Setelah beberapa jam setelah minum air, mulailah mengonsumsi anggur satu porsi, ditelan dengan kulit dan bijinya.

  • Mengonsumsi anggur setiap dua jam, atau sesuai dengan nafsu makan pasien, dari pagi hari sampai 2-3 jam sebelum tidur.

  • Pola makan anggur di atas dilakukan selama beberapa minggu hingga mencapai 60 hari. Sebaiknya memulai pengobatan dengan bertahap; sedikit demi sedikit, tidak lebih dari 100 gram untuk sekali makan, lalu ia harus senantiasa mencuci anggur dengan baik dan berkali-kali untuk menghilangkan sulfat yang kerap terpercik pada anggur.


Dokter natural kelas dunia, John Faelni, menyarankan beberapa hal berikut terkait dengan manfaat anggur:

  • Meminum sari anggur antara 700-1400 gram bagi pengobatan beberapa penyakit berikut ini; diuresis, membersihkan usus, membasmi asam folic, membantu pengeluaran empedu, menghancurkan pasir-pasir, membasmi, penyakit persendian, sembelit, keracunan, ambeien, dan beberapa kondisi TBC.

  • Untuk menghancurkan racun, minumlah 3 gelas sari anggur setiap hari setelah makan berjangka lama.

  • Anggur matang untuk memperlancar dan pembersih.

  • Sari anggur yang tidak matang bermanfaat untuk sesak dada, kulit kemerahan, dan pendarahan.

  • Air yang mengalir pada pohon (daun) anggur di musim semi diambil satu sendok kopi di pagi hari sebagai penangkal batu kemih dan pasir-pasir kemih serta empedu.

  • Kismis mengandung keistimewaan anggur segar.

  • Anggur dapat pula digunakan untuk bagian tubuh;

  1. mencuci muka dengan sari (jus) anggur, lalu membiarkan selama 10 menit, kemudian mencucinya dengan air hangat dengan menambah sedikit karbonat soda.

  2. dibuat dari air pohon anggur sebagai obat luka yang menyembuhkan, juga digunakan setetes airnya sebagai anti mata merah.


Minyak biji anggur telah populer di beberapa wilayah. Semoga penelitian tentangnya dapat membuahkan hasil yang bagus bagi manusia, baik untuk makanan atau untuk pengobatan. Oleh karena itu, makanlah anggur maka anda akan sehat dari penyakit.@ (Juni 2008)


-sumber: Mukjizat Kedokteran Nabi, Berobat dengan Rempah dan Buah-buahan, oleh: Mahir Hasan Mahmud Muhammad-

5 komentar:

  1. ohh bgt ya....
    cool man,i was try it now
    :p

    BalasHapus
  2. makasih artikerlnya,
    berguna banget buat yang lagi ingin sehat tapi natural

    BalasHapus
  3. Syukur alhamdulillah kalo itu bisa bermanfaat

    BalasHapus